Batur, Ceper, Klaten 0272-551590 suryautamalogam@gmail.com
g+ tw yt ak icon rss
CV. Surya Utama Logam > Artikel > Cara Menghilangkan Karat

Korosi atau logam yang terkena karatan akan menyebabkan logam mengalami penurunan mutu dan menyebabkan berbagai kerugian. Untuk itu perlu dilakukan tindakan pencegahan agar besi atau logam pada peralatan rumah tangga Anda tidak mengalami kerusakan.

Namun, bagaimana jika logam sudah terlanjur berkarat? Apakah lantas logam tersebut sudah tidak bisa digunakan? Tunggu, jangan buang dulu peralatan Anda yang sudah berkarat. Anda bisa melakukan beberapa metode untuk menghilangkan karat tersebut. Berikut beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada logam.

1. Cuka Apel

Cara pertama untuk menghilangkan karat adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Sebenarnya, cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan korosi, namun tidak seefektif cuka apel.  Untuk menghilangkan karatan, Anda cukup merendam logam yang berkarat ke dalam cuka apel selama satu malam.

Pada pagi harinya, Anda bisa menggosok karat hingga karat pada logam hilang terkikis. Jika Anda tidak memiliki cuka apel, maka Anda bisa menggunakan cuka putih. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus merendam logam yang berkarat dalam waktu yang relatif lebih lama.

2. Lemon atau Jeruk Nipis

Cara lain untuk menghilangkan karatan adalah dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Untuk menghilangkan karat pada logam, terlebih dahulu taburi logam yang berkarat menggunakan garam. Setelah itu rendam logam tersebut pada air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Setelah itu, Anda bisa menggosok logam yang berkarat agar karat pada logam hilang.

3. Asam Fosfat dan Asam Klorida

Selain menggunakan kedua jenis bahan di atas, Anda juga bisa menghilangkan karat pada logam dengan menggunakan asam fosfat atau asam klorida. Untuk menghilangkan karat menggunakan asam fosfat, Anda cukup merendam logam berkarat pada asam fosfat selama satu malam. Kemudian Anda bisa mengikis karat pada logam di pagi harinya.

Asam fosfat bisa diperoleh dari minuman kola, rumput laut, dan juga molase. Jika Anda ingin memanfaatkan asam klorida untuk menghilangkan karatan, Anda cukup memanaskan logam yang telah diolesi dengan asam klorida.

Cara tersebut terbilang cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam. Bahkan setelah karat hilang, asam klorida tetap akan memberikan perlindungan agar karat tidak kembali muncul.

4. Kentang

Cara ini mungkin masih terbilang asing. Namun kandungan asam oksalat pada kentang cukup efektif untuk menghilangkan karat, terutama pada logam-logam kecil seperti pisau. Untuk menghilangkan karat pada pisau, Anda cukup menusukkan pisau ke dalam kentang kemudian diamkan selama satu malam. Setelah pisau dicabut, Anda bisa mengikis karat yang ada pada logam.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat pada logam. Caranya sangat mudah. Anda cukup merendam logam berkarat ke dalam minuman berkola. setelah beberapa saat, Anda bisa menghapus karat menggunakan kain atau benda lainnya.

6. Soda Kue

Untuk menghilangkan karatan menggunakan soda kue, Anda cukup membuat pasta menggunakan soda kue terlebih dahulu. Caranya, campurkan soda kue dengan sedikit air hingga bentuknya menyerupai pasta gigi. Setelah itu, oleskan pasta soda kue tersebut pada logam. Kemudian gosoklah logam yang berkarat menggunakan sikat gigi atau sabut baja.

7. Amplas

Cara ini mungkin sudah tidak asing atau bahkan sudah sering Anda lakukan untuk menghilangkan karat. Caranya sangat mudah dan sederhana. Anda cukup menggosokkan amplas pada logam yang berkarat.

Demikian beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada logam. Jika karat pada logam sudah hilang, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencegah karat tersebut datang kembali. Langkah pencegahan ini juga penting Anda lakukan untuk mencegah karatan pada logam yang belum berkarat.

Artikel
Mesin Gilingan Bakso Murah Tapi Bukan Murahan
April 17, 2018
Mesin gilingan daging bakso merupakan komponen penting dalam masalah kuliner mie bakso yang menjadi  makanan khas Indonesia, makanan yang sudah menjadi makanan pokok tiap harinya,
Betapa Berat Perjuangan Juragan Bakso
March 28, 2018
Banyak pengusaha –pengusaha bakso yang menjamur di kota-kota besar sampai pelosok desa, dan semuanya ada yang tetap eksis dan berkembang ada juga yang sampai gulung
Kehalalan Tempat Penggilingan Daging Bakso
March 20, 2018
Dalam Islam ada petuah yang berbunyi “ Kebersihan adalah bagian dari Iman” berangkat dari petuah tersebut alangkah bagus dan indahnya bagi pengusaha penggilingan daging bakso
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930