Batur, Ceper, Klaten 0272-551590 suryautamalogam@gmail.com
g+ tw yt ak icon rss
CV. Surya Utama Logam > Artikel > Cara Menggunakan Mesin Gerinda Potong

Mesin gerinda potong merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memotong besi, plate dan sebagainya. Mesin ini menggunakan energi listrik. Namun kekurangan gerinda potong ini adalah ..
tidak bisa memotong plate baja yang terlalu tebal. Tidak terlalu sulit dalam menggunakan mesin gerinda potong. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan mesin gerinda potong.

Berikut ini langkah kerja dalam penggunaan mesin gerinda potong :

  1. Pastikan Anda telah memakai safety. Antara lain sarung tangan, kaca mata, dan sepatu kerja. Ingat dalam bekerja harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Jika Anda ingin aman dalam bekerja, utamakan safety first.
  1. Pasangkan benda yang ingin Anda potong, pasangkan pada ragum, lalu diikat dengan kuat agar benda yang mau dipotong tidak lepas atau goyang ketika dipotong.
  1. Lalu pastikan kabel listrik telah terhubung, lalu tekan tombol ON.
  1. Lalu letakkan tangan kiri Anda pada gagang mesin gerinda potong dan tekan tombolnya, lalu mata gerinda (roda gerinda) akan berputar kencang, lalu tekan gagang gerinda potong kebawah sehingga mata potong gerinda bisa mengenai benda yang akan dipotong.
  1. Tekan dengan perlahan-lahan selagi roda gerinda berputar, sehingga benda jadi terpotong.
  1. Lakukan tahap tersebut sesuai kebutuhan.

TIPS AMAN MENGGUNAKAN MESIN GERINDA POTONG

  1. Ingat jangan menyentuh dengan tangan kosong mata gerinda yang sedang berputar ! BERBAYAHAYA !
  1. Pastikan benda yang telah dipotong jangan disentuh dengan tangan kosong, karena benda tersebut menjadi panas akibat gesekan dengan mata gerinda potong.
  1. Ketika mesin gerinda potong digunakan, usahakan Anda menjauhkan pandangan mata dari percikan apinya .
  1. Sebaiknya gunakan mesin gerinda potong ditempat yang tidak menganggu orang lain, karena suara mesin ini sangat berisik.
  1. Jika Anda punya penyakit pernapasan, sebaiknya memakai pelindung pernapasan (masker), karena bau dari gesekan mata gerinda dan besi sangat menyengat.
  1. Pastikan posisi Anda nyaman, jika bekerja dalam waktu yang lama, jangan jongkok, tapi ambilah kursi pendek dan duduk sambil bekerja.

BAGIAN MESIN GERINDA POTONG DAN FUNGSINYA :

  1. Saklar utama mesin, tidak lain dan tidak bukan, fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan mesin (ON/OFF).
  1. Penutup roda gerinda (mata gerinda), fungsinya untuk menutup mata gerinda yang berputar, sehingga percikan api dan percikan serbuk besi tidak terkena mata dan kulit.
  1. Penjepit gerinda, fungsinya untuk menjepit benda yang akan dipotong supaya tidak lepas atau bergeser ketika dipotong.
  1. Roda gerinda (mata gerinda) fungsinya untuk memotong benda, mata gerinda ini akan diganti secara berkala jika sudah aus.
  1. Kabel, fungsinya untuk menghubungkan dengan listrik.

http://worldinarticles.blogspot.co.id/2015/02/cara-menggunakan-mesin-gerinda-potong.html

Artikel
Mesin Gilingan Bakso Murah Tapi Bukan Murahan
April 17, 2018
Mesin gilingan daging bakso merupakan komponen penting dalam masalah kuliner mie bakso yang menjadi  makanan khas Indonesia, makanan yang sudah menjadi makanan pokok tiap harinya,
Betapa Berat Perjuangan Juragan Bakso
March 28, 2018
Banyak pengusaha –pengusaha bakso yang menjamur di kota-kota besar sampai pelosok desa, dan semuanya ada yang tetap eksis dan berkembang ada juga yang sampai gulung
Kehalalan Tempat Penggilingan Daging Bakso
March 20, 2018
Dalam Islam ada petuah yang berbunyi “ Kebersihan adalah bagian dari Iman” berangkat dari petuah tersebut alangkah bagus dan indahnya bagi pengusaha penggilingan daging bakso
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930