Batur, Ceper, Klaten 0272-551590 suryautamalogam@gmail.com
g+ tw yt ak icon rss
CV. Surya Utama Logam > Artikel > Perbedaan Skrup dan Baut

PERBEDAAN BAUT DAN SKRUP

Apakah perbedaan antara sekrup dan baut? Ada banyak peranti yang dapat digunakan untuk menahan/mengikat posisi suatu benda agar tetap menempel terpasang di benda yang lainnya. Dua di antaranya yaitu sekrup dan baut. Meskipun bentuk fisik, cara pemasangan, dan fungsi kegunaan kedua benda ini sangat berbeda, nyatanya masih banyak masyarakat yang masih kesulitan dalam membedakan sekrup dengan baut.

Berdasarkan pengertian yang terdapat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sekrup ialah pasak (paku besi) dan sebagainya yang berulir (dimasukkan pada kayu, besi, dan sebagainya dengan diputar). Sedangkan pengertian dari baut yaitu batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur. Lantas, apa sih bedanya sekrup dengan baut?

Sekrup

Sekrup adalah pasak (paku besi) dan sebagainya yang berulir (dimasukkan pada kayu, besi, dan sebagainya dengan diputar). Di dalam bahasa inggris, sekrup bisa diterjemahkan sebagai screw. Sekrup memiliki ulir yang penuh dari bagian kepala sampai kakinya. Sekrup juga mempunyai ujung yang lancip. Anda membutuhkan obeng untuk memasangkan sekrup ke dalam dudukannya.

Baut

Baut adalah batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur. Kata dalam bahasa inggris untuk menyebutkan baut ialah bolt, sedangkan mur yaitu nut. Baut mempunyai ulir yang tidak penuh atau tidak sampai pada bagian kepalanya. Untuk memasang baut pada lubang dudukannya, Anda harus menggunakan peralatan dan perlengkapan berupa kunci dengan ukuran yang tepat.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara sekrup dan baut, yaitu :

  1. Sekrup memiliki ulir yang penuh sampai bagian kepala. Sedangkan baut mempunyai ulir yang tidak mencapai bagian kepalanya.
  2. Bentuk ujung kaki sekrup adalah lancip. Sementara ujung kaki baut berbentuk datar.
  3. Berbeda dengan sekrup, baut dilengkapi dengan pasangan berupa mur.
  4. Sekrup dipasang menggunakan obeng. Namun pemasangan baut harus memakai kunci yang tepat.
  5. Dalam bahasa inggris, sekrup disebut screw dan baut dinamakan bolt.

 

http://farof.blogspot.co.id/2016/10/perbedaan-sekrup-dan-baut-yang-benar.html

Artikel
Mesin Gilingan Bakso Murah Tapi Bukan Murahan
April 17, 2018
Mesin gilingan daging bakso merupakan komponen penting dalam masalah kuliner mie bakso yang menjadi  makanan khas Indonesia, makanan yang sudah menjadi makanan pokok tiap harinya,
Betapa Berat Perjuangan Juragan Bakso
March 28, 2018
Banyak pengusaha –pengusaha bakso yang menjamur di kota-kota besar sampai pelosok desa, dan semuanya ada yang tetap eksis dan berkembang ada juga yang sampai gulung
Kehalalan Tempat Penggilingan Daging Bakso
March 20, 2018
Dalam Islam ada petuah yang berbunyi “ Kebersihan adalah bagian dari Iman” berangkat dari petuah tersebut alangkah bagus dan indahnya bagi pengusaha penggilingan daging bakso
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930